August 19

0 comments

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling

By kurnia septi

August 19, 2019


Menjual secara soft selling kini menjadi teknik yang disukai marketers. Karena 98% konsumen online bosan dengan cara jualan yang terlihat bahkan terasa memaksa. Soft selling disukai karena lebih mengutamakan teknik yang tidak straight to the point. Konsumen online, audiens maupun follower Anda akan dibagikan konten yang menarik dan menyenangkan seputar produk sehingga mereka tidak menyangka sedang di-“juali”.

Selain soft selling, ada teknik menjual yang tidak lagi relevan dengan era internet saat ini. Teknik menjual yang terlihat ini dikenal dengan promosi hard selling. Teknik promosi hard selling biasanya seputar dengan kegiatan yang menyebut brand atau nama produk secara terus-menerus dengan harapan agar konsumen ingat dengan produk yang kita jual. Hard selling bisa dilakukan dengan mencetak brosur, spanduk, potongan harga, doorprize, hingga bundling.

Kembali lagi ke teknik soft selling. Promosi ini lebih mengutamakan pada kemudahan promosi dan lumrah disebut sebagai penjualan tidak langsung. Artinya, Anda menawarkan sesuatu yang lain terlebih dahulu, baru setelahnya menjual produk secara halus. Teknik soft selling dianggap lebih ampuh karena masyarakat mulai bosan dengan teknik hard selling atau pendekatan kasar seperti gratisan dan diskon cuma-cuma.

Bagi Anda yang baru mulai melakukan bisnis dan ingin memasarkan produk dengan efektif, tidak ada salahnya untuk menerapkan teknik promosi soft selling! Berikut ini adalah 7 cara ampuh menjual produk secara soft selling. Yuk, kita simak artikel di bawah ini!

1. Gunakan kalimat simpel dan menarik

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Marco Xu on Unsplash

Dalam memasarkan produk menggunakan teknik soft selling yang baik, Anda harus menggunakan kalimat yang sederhana namun mempresentasikan produkmu. Buatlah konsumen teringat dengan nama brand-mu ketika mendengar kalimat atau kata tersebut. Bila hard selling biasanya langsung menyebut nama produk, dalam soft selling Anda bisa menggunakan ilustrasi yang dapat diasosiasikan dengan produkmu.

“Pahamilah bukan produkmu yang mewakilkan suatu kalimat, namun kalimat tersebut yang mewakilkan produkmu.”

Sebisa mungkin Anda meminimalisir penggunaan kata-kata yang langsung memasarkan produk. Misalnya Anda memulai dengan gambar yang menarik, foto, atau semacam poster dengan kata-kata yang menjual namun tidak terkesan berjualan. Contoh, bila Anda sedang menjual kamera, Anda bisa membuat gambar yang baik dan memberikan informasi sederhana seputar gambar tersebut. Bagian akhir, Anda menyebut bahwa gambar itu dijepret oleh produk kamera yang sedang Anda jual.

2. Promosi sesuai segmentasi pasar

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Antenna on Unsplash

Yang tidak kalah penting dari cara ampuh menjual produk secara soft selling adalah Anda harus menentukan target pasar. Kepada siapa produkmu ingin dijual? Pria, wanita, millennial, generasi tua, mahasiswa, pekerja, dokter, atau siapa? Tentukanlah segmentasi pasarmu. Tidak hanya seputar siapa, namun juga bisa dimana. Apakah produkmu akan dijual untuk orang-orang yang tinggal di pedesaan, perkotaan, atau daerah yang sepi pusat perbelanjaan?

“Anda wajib menentukan target pasarmu dengan baik sehingga bisa menentukan teknik promosi soft selling yang tepat.”

Ketika sudah menentukan target pasar, maka ide promosi akan muncul dan searah dengan segmentasi pasar yang sudah ditentukan. Dengan begitu, Anda bisa membuat konsep promosi yang bisa diterima oleh target pasar beserta gaya bahasa yang sesuai.

Promosi yang Anda lakukan akan semakin maksimal jika didukung dengan follower yang banyak. Siapa sih yang sekarang ini mau membeli produk di online shop yang followernya masih berkisar ratusan? Tidak ingin calon konsumen Anda pergi hanya karena urusan sepele ini, kan? Untuk Anda yang punya problem follower di akun Instagram, ada cara yang organik dan aman untuk bisnis online Anda. Aplikasi ini bernama https://activflash.com. Aplikasi ini akan membantu Anda mendapatkan follower secara organik. Anda hanya perlu tahu target mana saja yang ingin mampir ke akun Anda, maka biarkan Activflash yang bekerja untuk Anda.

Yuk, coba langsung, klik ► https://activflash.com

3. Jangan langsung menjual, sebarkan value

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sering kali dari kita menjual produk secara massive dan berharap agar konsumen mau membeli produk tersebut. Namun, kita telah melupakan satu hal, yaitu value produk. Value akan menjadi alasan kuat mengapa konsumen harus membeli produkmu ketimbang yang lain. Dalam teknik soft selling, menginformasikan value produk menjadi sangat penting karena bisa meningkatkan retensi pelanggan.

“Jangan mudah mengobral promosi yang bisa membuat produkmu terkesan murahan.”

Pahamilah tidak ada yang suka dengan promosi tak masuk akal. Konsumen saat ini lebih memilih produk yang memberikan nilai khusus pada mereka. Anda sebagai penjual harus paham situasi tersebut dan memberikan value secara cuma-cuma, seperti lebih murah, lebih praktis, cepat, isi lebih banyak, lebih halus, dan sebagainya. Tonjolkan value produkmu yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

4. Membuat konten berkualitas

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Banter Snaps on Unsplash

Teknik soft selling juga bisa dilakukan dengan membuat berbagai konten-konten berkualitas. Misalnya, Anda memiliki sebuah sosial media, blog, atau semacam website sebagai tempat promosi produk yang sedang Anda pasarkan. Anda bisa membuat sebuah artikel seputar informasi bermanfaat yang berhubungan dengan produkmu. Contoh, Anda sedang menjual gaun pesta. Anda bisa membuat sebuah poster contoh gaun yang baik untuk pesta atau artikel yang merangkum tentang gaun-gaun pesta terbaik.

“Bikin konten yang berisi informasi yang berhubungan dengan produk.”

Dalam kontenmu itu, Anda bisa selipkan sebuah link, logo, atau memasukkan contoh produkmu ke dalamnya. Dengan hal ini, Anda tidak secara langsung memasarkan produk, namun konsumen paham apa yang sedang Anda lakukan. Anda tidak perlu terus-menerus menyebut produkmu karena bisa membuat konsumen merasa bosan. Sisipkanlah promosi minimal dalam sebuah konten berkualitas.

5. Membuat kampanye

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Phil Coffman on Unsplash

Ketika Anda memasarkan sebuah produk tertentu menggunakan teknik soft selling, Anda bisa menerapkan program kampanye. Contoh, ketika Anda menjual produk yang ramah lingkungan seperti botol minum bisa membuat program-program runtut dan konsisten di setiap hari peringatan lingkungan. Saat Hari Bumi, Anda membuat kompetisi foto Instagram dan pemenang mendapatkan sampel produkmu.

“Dengan melakukan campaign yang saling berhubungan, dapat membuat konsumen penasaran dan kenal dengan produkmu secara lebih dekat.”

Ketika Anda melakukan hal tersebut, kesan soft selling akan terasa semakin kuat dan di saat yang bersamaan pula, konsumen dapat melihat keseriusanmu dalam menjaga lingkungan. Mereka akan memahami value produkmu dan teknik ini mampu memberikan nilai-nilai yang istimewa bagi konsumen-nya.

6. Berbagi info menarik

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Omar Lopez on Unsplash

Selain membuat konten-konten berkualitas, Anda juga bisa membuka kursus, pembelajaran gratis, atau kegiatan lainnya yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat banyak. Ketika Anda adalah seorang penulis buku dan ingin memasarkan buku hasil karyamu, Anda bisa membuat seminar kecil-kecilan membahas tips dan trik dalam menulis bagi anak muda. Ketika Anda seorang yang mengerti fotografi, Anda bisa membuka kursus fotografi sembari menjual produk kamera atau jasa fotomu.

“Buatlah pembelajaran gratis untuk audiens Anda. Misalnya dengan menyebar tips-tips ringan pada Instagram story Anda secara konsisten.”

Promosi tidak hanya langsung mengajak konsumen membeli seperti cara-cara lama yang membosankan. Anda bisa menawarkan produk dengan menanamkan kepercayaan terlebih dahulu. Saat konsumen sudah percaya, tak perlu repot-repot mengadakan promosi besar-besaran pun mereka pasti akan membeli produkmu dan menginformasikannya ke kerabat mereka. Ingatlah, word of mouth dari konsumen jauh lebih bernilai dan lebih berdampak ketimbang strategi marketing manapun. Hebatnya, hal ini bisa Anda dapatkan melalui teknik soft selling.

7. Jalin hubungan dengan konsumen

7 Cara Ampuh Menjual Produk Secara Soft Selling
Photo by Berkeley Communications on Unsplash

Saat memutuskan untuk menerapkan teknik soft selling sebagai cara promosi produk, maka Anda harus bisa membangun hubungan, membuka jaringan, dan memiliki ikatan emosional dengan para pelanggan. Jangan hanya terpaku pada pra-selling promotion namun juga post-selling promotion. Buat pelanggan merasa bahwa Anda masih peduli dengan mereka walau transaksi telah terjadi.

“Untuk meningkatkan engagement, Anda perlu memberikan informasi-informasi penting, melakukan dialog melalui media sosial, dan tetap mengadakan event-event yang menarik.”

Selain itu Anda juga harus terbuka dengan siapa saja melalui diskusi-diskusi bisnis, bukan produkmu. Anda juga harus mulai membuka diri dengan orang-orang yang bukan menjadi target pasarmu. Siapa tahu, ketika hubungan tersebut berubah menjadi sebuah hubungan bisnis yang bisa memperluas jangkauan bisnismu, lho! Intinya, buatlah produk-produkmu atau usahamu berkesan buat mereka melalui pendekatan tidak langsung yaitu soft selling.

Demikianlah 7 cara ampuh menjual produk secara soft selling. Membangun sebuah bisnis baru dan memasarkan produkmu tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda perlu memahami keinginan pasar, arus modal, bahkan mengatur karyawan atau mitramu. Namun, terlepas dari itu semua, Anda tetap bisa menjual produk-produkmu melalui teknik promosi soft selling dengan cara-cara di atas. Lakukanlah pendekatan halus dengan gaya promosi yang sesuai, kalimat-kalimat unik, campaign, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Selamat mencoba.

Menjual secara soft selling akan semakin maksimal jika didukung dengan banyaknya follower Anda. Apalagi jika Anda mendapatkannya secara organik. Namun untuk bisa mengumpulkan follower membutuhkan waktu yang lama. Tenang, problem Anda yang satu ini bisa dituntaskan dengan menggunakan Activflash. Aplikasi ini dengan mudah membantu Anda menjangkau semakin banyak follower secara organik. Cara simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Siapkan target market Anda, jangan lupa atur waktu yang pas, dan biarkan Activflash bekerja untuk akun Anda.

Segera coba & dapatkan penawaran menarik, klik ► https://activflash.com

kurnia septi

About the author

Leave a Repl​​​​​y

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Direct Your Visitors to a Clear Action at the Bottom of the Page