3 Tips Penting Menggunakan Konten Feedback dari Followers

3 Tips Penting Menggunakan Konten Feedback dari Followers

Karena keunikannya di mana-mana, pembeli semakin mewaspadai konten dari brand, sehingga mereka dengan mudah mengabaikannya. Namun, apa yang mereka tanggapi saat ini adalah konten otentik yang dihasilkan oleh aset Anda sendiri yang paling berharga — pelanggan maupun followers Anda!

Konten buatan pengguna (UGC atau user generated content) pada dasarnya adalah konten apa pun yang terkait dengan brand Anda yang diproduksi secara sukarela oleh pelanggan maupun followers Anda. Pelanggan yang memiliki pengalaman baik dengan brand Anda termotivasi untuk memberi tahu rekan-rekan mereka dengan berbagi pengalaman mereka. UGC memberikan informasi yang relevan tanpa mencoba menjual apa pun. Hal ini mungkin termasuk ulasan produk dan situs, pertanyaan dan jawaban mereka, dan gambar mereka menggunakan produk Anda.

Pembeli online hari ini mengharapkan informasi terperinci, proses lebih cepat, dan konten yang dipersonalisasi, dan UGC memungkinkan bisnis online Anda memanfaatkan ekspektasi ini dengan memperkuat suara pelanggan maupun followers mereka, meningkatkan visibilitas merek, dan membangun hubungan.

Lalu bagaimana Anda bisa memanfaatkan konten dari followers? Berikut ini 3 cara menggunakan konten yang dibuat pengguna untuk mengembangkan bisnis online Anda. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Biarkan followers yang “berbicara”

3 Tips Penting Menggunakan Konten Feedback dari Followers
Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Pembeli online hari ini mempercayai konten dari pembeli lain, lebih dari mereka mempercayai konten bermerek karena tampil lebih jujur dan dapat diandalkan. Faktanya, 88% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi, menurut sebuah studi BrightLocal.

Tidak pernah ada waktu yang buruk untuk menunjukkan kepada dunia betapa bahagianya pelanggan Anda, terutama dengan UGC yang secara otentik menyampaikan brand Anda. Menampilkan ulasan, foto, dan video dari pelanggan dengan jelas, dan pertanyaan serta jawaban memberi pembeli Anda akses langsung ke informasi tentang titik nyeri dan kekhawatiran tertentu yang mungkin mereka miliki.

“Konten yang dibuat pengguna ini dapat dibagikan di berbagai saluran Anda, termasuk email ke pelanggan Anda, saluran media sosial Anda, dan di seluruh situs web Anda.”

Misalnya seperti, perusahaan pakaian dalam yang dijual seccara online, ThirdLove menampilkan ulasan pelanggan di situs web mereka dan di email mereka untuk menyoroti pendapat wanita sejati tentang produk mereka. UGC seperti ini dapat mengurangi ketidakpastian yang melekat terkait dengan pembelian online. Semakin banyak orang yang mengetahui pengalaman positif dan informasi yang relevan tentang produk Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk mempercayai brand dan membeli dari online shop Anda.

Dengan foto dari pelanggan, Anda dapat meyakinkan pembeli Anda lainnya apa yang terlihat produk Anda dalam kehidupan nyata, di luar studio, dan menunjukkan bagaimana mereka digunakan. Ini membangun kepercayaan pada brand Anda, yang membuat pembeli Anda lebih bersemangat tentang produk Anda dan pada akhirnya mengarah pada lebih banyak konversi.

2. Tetap melibatkan pelanggan meski mereka tidak berbelanja

3 Tips Penting Menggunakan Konten Feedback dari Followers
Photo by Perry Grone on Unsplash

Konten buatan pengguna adalah alat yang ampuh untuk membangun hubungan sosial dengan konsumen online. UGC juga adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan di media sosial. Memiliki visibilitas brand yang tinggi di jejaring sosial dapat meningkatkan kemungkinan produk atau jasa Anda akan menjadi perhatian utama bagi pelanggan Anda ketika mereka membutuhkan sesuatu yang Anda tawarkan.

“Agar hubungan Anda dan audiens tetap bisa terjalin, Anda wajib membuat gimmick yang bersifat interaktif di media sosial sehingga mereka bisa ikut serta pada konten Anda.”

Misalnya dengan membuat kontes di media sosial. Cara ini bisa mendorong pelanggan untuk menggunakan tagar yang diberikan dalam posting tentang brand Anda, atau kombinasi keduanya. Anda juga dapat mengumpulkan wawasan berharga tentang preferensi dan minat mereka. Tidak hanya itu, mengumpulkan UGC dapat digunakan kembali di seluruh saluran marketing Anda.

Cara lain untuk meningkatkan visibilitas brand di media sosial adalah dengan iklan sosial yang memperluas jangkauan brand dan memengaruhi pelanggan potensial. Namun, ada cara yang benar dan cara yang salah untuk melakukannya. Seringkali, iklan media sosial yang dimunculkan menonjol seperti jempol di antara konten yang dikonsumsi pengunjung saat klik feed mereka. Namun, dengan memasukkan UGC dalam iklan, Anda dapat meningkatkan konversi karena lebih baik berbaur dengan konten di sekitarnya.

Ambil contoh iklan Facebook ini dari Peter Manning yang menampilkan ulasan bintang lima. Visualnya adalah bintang lima dan ulasan singkat, namun cara tersebut terlihat relevan mengomunikasikan pengalaman positif pelanggan dengan cepat dan mudah bagi mereka yang menggulir melalui umpan Facebook mereka.

3. Fokus pada pelayanan baik

3 Tips Penting Menggunakan Konten Feedback dari Followers
Photo by Alexander Schimmeck on Unsplash

Mangangkat ulasan pelanggan menjadi konten sangat penting untuk nilai-nilai brand dan memberikan layanan pelanggan yang baik. Layanan pelanggan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa untuk setiap kegagalan pengalaman pelanggan, brand kehilangan rata-rata 65% dari pendapatan yang akan mereka peroleh dari pelanggan yang terpengaruh selama tahun berikutnya.

Meskipun ulasannya negatif, ini tidak selalu berisi hal buruk. Menampilkan ulasan kritis di situs web menunjukkan bahwa brand Anda jujur dan transparan. Hal ini merupakan kesempatan untuk membiarkan layanan pelanggan Anda terlihat baik. Faktanya, 30% konsumen mengatakan bahwa mereka akan kembali ke brand langganan setelah melihat bagaimana bisnisnya meningkat. Menanggapi ulasan negatif secara bersamaan memungkinkan Anda membuka percakapan dengan pelanggan dan menunjukkan kepada pembeli yang tertarik bahwa Anda menghargainya.

“Menjawab pertanyaan dari pelanggan adalah cara yang bagus untuk mengatasi rasa kecewa dari pelanggan tertentu dan memengaruhi proses keputusan pembelian mereka.”

Brand pakaian Rhone menyediakan wadah khusus untuk pelanggan ingin bertanya dan mendapatkan jawaban langsung. Rhone merespon dengan cepat, memajang layanan pelanggan berkualitas mereka, dan ketika jawabannya “tidak”, mereka menggunakan kesempatan itu untuk mengarahkan pelanggan ke produk-produk yang membahas masalah tersebut. Anda dapat menjawab pertanyaan secara langsung seperti yang dilakukan Rhone atau Anda dapat merujuk pertanyaan ke pembeli masa lalu untuk menjawab. Merujuk pertanyaan pelanggan ke pembeli sebelumnya menambahkan aspek sosial ke Q&A, sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan di sekitar brand Anda.

Nah, untuk Anda yang tertarik mendapatkan followers lebih lagi dengan cara organik, selain dengan cara di atas, Anda bisa menggunakan https://activflash.com. Aplikasi ini telah sukses membantu puluhan ribu online shop mengoptimasi kinerja Instagram sehingga bisa menjangkau calon followers Anda secara tertarget. Dan yang pasti jalan.

Mau segera mencoba? Klik ► https://activflash.com

Demikian 3 tips penting menggunakan konten feedback dari followers. Konten yang dibuat pengguna kini terkesan relevan dan dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini menarik perhatian pelanggan potensial dan menjadikan pengalaman belanja online lebih personal, semuanya sambil menambahkan hubungan berharga yang Anda bangun dengan pelanggan yang ada. Sudahkah Anda mulai menggunakan UGC untuk marketing brand Anda?

Ira

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: