5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang

Jika Anda ingin sukses memasarkan produk sekarang ini, Anda perlu memprorioritaskan media visual. Sama seperti rasa lapar, ketakutan dan cinta, simulasi visual sangat dekat dengan kehidupan manusia. Saking kuatnya, manusia bisa mengingat 90% informasi berbentuk visual hanya dalam waktu 13 milidetik. Karena memanfaatkan kekuatan alam bawah sadar inilah, platform media sosial visual kini banyak disukai masyarakat.

Diantara media sosial yang unik, Instagram sukses menjadi alat pemasaran yang kuat dan memiliki potensi besar berbasis konten. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki tingkat keterlibatan yang besar didukung media sosial lainnya. Namun untuk bisa sukses menggunakan Instagram, Anda perlu menonjol diantara 1 milyar juta pengguna aktif lainnya.

Yap, pengguna aktif Instagram di dunia telah mencapai 1 milyar dan terus meningkat hingga saat ini. Ini merupakan wadah yang cocok jika Anda ingin mengembangkan online shop Anda dan menjangkau lebih banyak konsumen. Nah, untuk bisa menarik perhatian mereka, Anda perlu memperbanyak konten-konten visual di Instagram.

Lalu apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Ada banyak cara yang wajib Anda lakukan untuk bisa bertahan dan meningkatkan bisnis online shop Anda dan Activflash telah merangkum apa saja hal tersebut. Berikut 5 strategi marketing terkini membangun brand online shop zaman sekarang.

1. Manfaatkan fitur Instagram

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang
Photo by Wilfred Iven on Stock Snap

Menurut survei, 72% dari pengguna Instagram telah membeli sesuatu yang pertama kali mereka temukan di Instagram. Hal ini bisa terjadi karena soft selling secara tidak langsung yang dilakukan para pemilik online shop di Instagram dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di sana.

Instagram terus-menerus meluncurkan banyak fitur yang memungkinkan pemasar untuk terhubung dengan pelanggan dengan cara yang imersif, membuat belanja dapat ditindaklanjuti dan memfasilitasi pembelian impulsif. Misalnya saja fitur-fitur di bawah ini yang sukses menarik perhatian calon konsumen. Anda perlu mencobanya.

  • Story: Sertakan tautan dalam Cerita Instagram Anda yang mengarahkan pemirsa ke halaman produk di situs web Anda.
  • Highlight: Klip video ini muncul di bawah bio Anda dan di atas feeds Instagram Anda. Perbanyak konten Story lalu sematkan pada highlight. Cara ini akan memudahkan Anda menata konten brand dilihat lebih dahulu oleh followers.
  • Tombol CTA: Follower dapat melakukan reservasi, membeli tiket, memesan tempat atau memesan layanan melalui mitra pihak ketiga tanpa harus meninggalkan Instagram.
  • Belanja: Ubah profil Instagram Anda menjadi etalase visual dengan akses mudah ke harga dan detail, tempat pembeli dapat mengklik postingan yang ditandai untuk mengambil langkah selanjutnya untuk membeli.

2. Rencanakan konten yang matang

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang
Photo by Kaleidico on Unsplash

Sejak akun Instagram dibuat, usahakan tujuan penggunaan aplikasi ini lebih efektif. Misalnya, merencanakan target audiens untuk memudahkan pembuatan konten agar semakin terarah. Tentu Anda wajib membuat konten yang selaras dengan followers karena itu akan membantu meningkatkan citra persona akun Instagram online shop Anda.

“Konten itu sesungguhnya wajib sesuai dengan demografi, perilaku, kekhawatiran, motivasi, dan sasaran followers Anda agar menarik semakin banyak followers.”

Dalam proses pembuatan konten, pemilihan gambar dan teks sebisa mungkin membangkitkan rasa ingin tahu followers, menciptakan sebuah aksi, sehingga merasa dekat dengan brand. Semua hal itu dibuat untuk meningkatkan followers dan menguatkan keseluruhan strategi marketing online shop Anda.

Apalah arti konten yang efektif bila follower akun online shop Anda masih kurang. Toh konten juga akan kurang likes dan postingan sulit untuk naik ke top searchers. Jadi followers yang kurang tidak akan menaikkan konten Anda dan jadinya percuma. Namun ada 1 cara menarik yang bisa Anda coba, yaitu dengan mengaktifkan https://activflash.com. Aplikasi ini membantu Anda mendapatkan followers secara organik. Hanya dengan berbekal target market yang pas untuk brand Anda. Untuk itu sebelum menggunakan, Anda perlu riset yang matang, target market seperti apa yang cocok dan membutuhkan produk Anda.

Mau segera mencoba? Klik ► https://activflash.com

3. Tambahkan emosi

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang
Photo by freestockpro.com on Stock Snap

Meningkatkan emosi follower merupakan pusat dari semua hubungan termasuk dengan brand produk online shop Anda. Logika membujuk tetapi perasaan memotivasi, memengaruhi niat pelanggan untuk membeli lebih dari yang lain. Karena itu, ketika memilih gambar, emosi yang dituju harus berada di depan dan di tengah.

“Menurut penelitian, upaya meningkatkan emosi 2 kali lebih menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan mereka yang memiliki pendekatan rasional.”

Namun, tidak semua jenis emosi dinilai sama. Penelitian menemukan bahwa kekaguman, ketertarikan, keheranan dan keheranan adalah sentimen yang sangat umum dalam konten viral yang tinggi. Postingan yang positif lebih mudah dibagikan daripada yang negatif, tetapi hal-hal menjadi rumit ketika berurusan dengan perasaan tertentu. Misalnya kemarahan, kecemasan, dan emosi gairah tinggi lainnya mendorong orang-orang untuk mengambil inisiatif. Ketakutan adalah emosi yang secara umum digambarkan dalam pemasaran. Ini dapat berupa bentuk menunjukkan sisi negatif dari tidak mengambil tindakan.

4. Bangun narasi visual

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang
Photo by Antenna on Unsplash

Narasi visual bisa disematkan pada voice over video maupun caption konten di media sosial. Meski sudah menggunakan visual, namun dengan ditambahkan narasi pendukung, hal ini ampuh membuat konten Anda menjadi lebih lengkap. Selain itu, Anda perlu menunjukkan pada pelanggan setia Anda bagaimana menggunakan produk atau jasa di setiap konten sehingga calon pembeli dapat dengan mudah memvisualisasikan diri mereka menikmati manfaatnya, berhubungan dengan orang-orang yang ditampilkan dan, pada gilirannya, terhubung dengan bisnis Anda.

“Saat menggunakan gambar orang, tunjukkan wajah mereka karena itulah yang paling baik menyampaikan emosi.”

Foto Instagram dengan wajah 38% lebih mungkin untuk “disukai” dan 32% lebih mungkin untuk menerima komentar. Dengan demikian, konsumen yang melihat gambar buatan pengguna saat belanja online menghasilkan kecenderungan konversi 4,5% lebih tinggi. Semakin otentik foto Anda, semakin baik Anda dapat membentuk afinitas dengan pelanggan, follower, dan penggemar Anda. Jika menggunakan orang sungguhan yang dikaitkan dengan brand Anda dan bukan foto stok, dapat meningkatkan konversi penjualan online shop hingga 35%.

5. Ngobrol dengan audien

5 Strategi Marketing Terkini Membangun Brand Online Shop Jaman Sekarang
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Salah satu strategi marketing terkini yang ampuh adalah dengan mengajak ngobrol audien Anda di Instagram. Di story bisa, feed juga boleh. Intinya adalah admin perlu menjadi manusia dan teman bagi konsumen, bukan bot. Sesekali Anda perlu memposting konten yang bisa memulai percakapan dan mendorong follower untuk komentar. Jika cara ini berhasil, Anda bisa membuat komunitas untuk online shop Anda. Partisipasi ini memberikan rasa keterkaitan, membuka peluang untuk meningkatkan konversi proses penjualan.

“Dengan mengomentari profil orang lain, audien itu 401% lebih cenderung mengikuti brand Anda.”

Pertimbangkan tanggapan yang diinginkan dari caption Anda: Apakah Anda memposting pernyataan atau sesuatu yang secara alami akan dibalas orang? Lanjutkan percakapan dengan diskon eksklusif atau dengan mengajukan pertanyaan, menggunakan jajak pendapat atau menyelenggarakan sesi tanya jawab langsung. Jangan lupa, meluangkan waktu untuk menanggapi komentar, menyukai gambar pengguna lain dan bergabung dengan percakapan di mana Anda dapat menambahkan nilai.

Demikianlah 5 strategi marketing terkini membangun brand bisnis online zaman sekarang. Yang terpenting, Instagram adalah bagian penting dari strategi pemasaran holistik dan dapat menjadi kekuatan dominan dalam membangun brand Anda. Dengan pemahaman yang tepat tentang psikologi dan teknik di balik Instagram, Anda akhirnya akan dapat memandu followers untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan: melakukan pembelian dan menjadi pelanggan jangka panjang. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tertarik menambah followers secara organik, Activflash adalah solusi yang tepat. Selain cocok untuk audiens zaman sekarang, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kuncinya hanya 1: Anda paham betul target market yang diinginkan. Tulis secara rinci, masukkan pada kolom yang telah disediakan, maka Activflash akan mencarikan untuk Anda.

Mau merasakan langsung? Klik ► https://activflash.com

Ira

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: