5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Follower

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Follower

Faktanya, konten gambar lebih mudah menarik perhatian follower 60 kali lebih cepat dari pada teks. Inilah yang menyebabkan Instagram lebih disukai banyak pengguna daripada media sosial lainnya. Bahkan data terbaru mengatakan, lebih dari 1 miliar orang aktif menggunakan Instagram setiap bulan. Jumlah ini merupakan data tertinggi dalam sejarah komunikasi visual yang dilakukan menggunakan aplikasi.

Mengingat pengguna aktif Instagram yang meningkat setiap bulan, kini banyak marketing digital fokus di platform tersebut. Goalsnya untuk bisa menarik semakin banyak trafik kunjungan. Anda bisa memperhatikan bagaimana kini semakin banyak brand dan bisnis yang berupaya memanfaatkan pertumbuhan Instagram yang cepat yang fokus ke gambar.

Anda pun bisa mencoba cara tersebut, yaitu dengan bereksperimen dengan konten gambar. Merencanakan, membuat lalu mengunggahnya. Melakukan hal tersebut secara konsisten untuk bisa mengukur sejauh mana konten Anda berhasil menarik perhatian audien. Namun dengan cara yang sama, ada banyak jenis konten yang berbeda untuk mendekati Instagram sebagai bisnis, brand probadi, atau komunitas.

Untuk membantu Anda memulai dengan langkah yang benar, Activflash membuat percobaan ke beberapa konten. Berikut ini 5 jenis konten media sosial paling banyak disukai follower. Semoga tips ini membantu Anda mendapatkan manfaat penuh dalam menarik perhatian audien dengan menggunakan Instagram.

1. Memanfaatkan repost tanggapan dari follower

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Audien
Photo by Kate Torline on Unsplash

Merepost tanggapan dari follower atau yang lebih dikenal dengan ungkapan User Generated Content (UGC) adalah hal yang populer dilakukan sekarang ini. Cara ini dianggap paling terbaik jika Anda ingin lebih dekat dengan audien. Bahkan, iklan berbasis UGC melihat hingga 4x lebih tinggi tingkat klik-tayang dan 50% penurunan dalam BPK.

“Audien merasa lebih terwakili ketika mereka melihat tanggapannya di-repost karena hal itu dapat menciptakan keterlibatan yang lebih besar.”

Instagram adalah salah satu platform termudah untuk memanfaatkan UGC dari follower Anda. Contohnya Airbnb. Mereka berhasil mengubah UGC dengan menjangkau pelanggan yang ada dan memposting ulang konten mereka. Pasar akomodasi menjangkau pengguna yang telah menandai mereka secara langsung, atau menggunakan tagar #airbnb, dan meminta izin untuk menggunakan konten dalam umpan yang mereka miliki.

Hal pentin yang perlu Anda ketahui adalah sebelum menggunakan tanggapan dari follower, Anda wajib mengantongi izin dari mereka. Ada beberapa legalitas yang perlu Anda perhatikan sehubungan dengan pemanfaatan konten orang lain, itulah mengapa selalu penting untuk mendapatkan izin.

2. Membuat konten panduan

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Audien
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Konten berupa panduan memiliki performa yang cukup baik untuk menarik perhatian dan sesuai dengan target audience Anda. Misalnya panduan sosial media marketing, berbisnis internasional dropship , atau bahkan panduan yang mencakup bagaimana menggunakan produk / layanan Anda, hal itu dapat dengan mudah dibagikan di Instagram Anda. Bahkan bisa mendorong banyak traffic tergantung pada strategi promosi Anda.

“Buat strategi marketing untuk mempromosikan panduan informatif dan menarik terbaik Anda di media sosial.”

Jika Anda sudah memiliki panduan, maka kami akan merekomendasikan untuk share paduan tersebut di sosial media Anda secara teratur, dan bukan hanya sekali, sebanyak yang Anda lakukan. Jangan terlalu sering melakukannya. Lakukan test dan cari tahu apa dan aman yang terbaik. Sama seperti dengan e-book, pertimbangkan beriklan di saluran sosial media agar panduan Anda menjangkau target audience yang tepat.

3. Giveaway bersama influencer

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Audien
Photo by Lukas Eggers on Unsplash

Sekarang ini, tidak ada cara lain yang lebih ampuh yang bisa meningkatkan trafik pengunjung seperti saat Anda bekerjasama dengan influencer. Misalnya dengan membuat promo giveaway bersama influencer. Ingat, influencer hingga saat ini memberikan kredibilitas pada brand dan di tahun 2019 bekerja sama dengan influencer semakin diminati.

“Membuat promo giveaway bareng influencer adalah cara powerfull yang bisa meningkatkan trafik pengunjung ke Instagram Anda.”

Selain meningkatkan jumlah trafik, giveaway identik dengan pemberian gift pada follower yang beruntung. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya dengan follow dan likes konten yang ada pada akun Instagram Anda. Jika trafik sudah meningkat, hal ini akan membantu Anda dalam menjual produk.

Untuk mengoptimalkan trafik di Instagram, Anda bisa mengubah mereka menjadi follower secara organik. Misalnya dengan menggunakan Activflash. Aplikasi tersebut secara sistematis membuat follower merasa kenal dengan akun Instagram dan konten-konten Anda berdasarkan dengan hashtag dan lokasi yang pernah digunakan. Cara penggunaannya pun mudah. Anda hanya perlu memahami karakter brand, konten maupun target yang diinginkan. Masukkan target yang dituju, lakukan setting, dan tunggu beberapa saat. Maka, likes dan follower akan bertambah secara organik.

Mau follower Instagram bertambah secara organik? Klik ► https://activflash.com

4. Tingkatkan engagement dengan video

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Audien
Photo by Hermes Rivera on Unsplash

Video stop motion bisa menjadi cara yang hebat dan sederhana untuk menjadi konten yang menarik. Stop motion adalah animasi yang berasal dari kumpulan frame foto sehingga ketika diputar bisa menciptakan video. Memang membutuhkan waktu yang lebih lama namun stop motion adalah gaya baru sehingga lebih bisa disukai follower akun Instagram Anda.

“Faktanya, 85% pengguna Instagram lebih suka menonton video tanpa suara. Karena itu, stop motion menjadi lebih penting untuk menyampaikan pesan.”

Berkreasi dengan stop motion akan mengasah daya kreativitas Anda. Karena tidak banyak brand yang menggunakan gaya ini, stop motion bisa menjadi hal baru yang bisa Anda terapkan pada online stop Anda. Brand pakaian dalam, Spanx menggunakan video stop motion secara konsisten pada feed dan story mereka. Hasilnya, konten terasa sederhana namun efektif, dan dapat terlihat menonjol dari konten yang lainnya.

5. Memvisualkan podcast Anda

5 Jenis Konten Media Sosial Paling Banyak Disukai Audien
Photo by Matt Botsford on Unsplash

Podcast sangat digemari saat ini. Semua orang tampaknya menggunakan bahkan membuat sendiri saluran podcast mereka akhir-akhir ini. Perubahan dari radio menjadi podcast ini terjadi karena kemudahan teknologi merekam, mengunggah stasiun audio milik Anda sendiri, hingga adanya streaming audio yang semakin merajalela sekarang.

“Kini 64% orang Amerika akrab dengan istilah “podcasting” dan sekarang ada tersedia 630 ribu podcast dengan genre yang berbeda.”

Lalu bagaimana membuat podcast ke dalam bentuk visual? Anda bisa menggunakan IGTV sebagai bentuk podcast yang interaktif. IGTV adalah elemen video bentuk lebih panjang di Instagram. Mengubah bentuk podcast menjadi lebih interaktif dengan IGTV adalah jalan keluar yang benar. Bentuk konten ini jarang digunakan dan tentu akan disukai oleh follower Anda.

Jeff Staple, pengampu komunikasi visual Staple Design, menggunakan IGTV untuk podcast visualnya. Dalam siaran itu dia memberi audien sampel kecil dari wawancara baru-baru ini, meningkatkan promosi dengan beberapa animasi rapi. Penampil mendapat cuplikan, yang mendorong mereka untuk menonton seluruh video.

Itulah 5 jenis konten media sosial paling banyak disukai follower. Agar follower tidak bosan dengan konten Anda, gunakan kelima konten di atas secara acak. Kemudian, cari jenis lainnya saat konten mulai banyak ditiru akun Instagram. Gali hal-hal baru agar akun Instagram tetap disukai follower. Selamat mencoba.

Daripada beli follower, kenapa tidak pakai cara yang organik. Misalnya dengan menggunakan https://activflash.com. Aplikasi ini membantu siapapun dalam mendapatkan follower dan likes secara organik agar terdeteksi aman oleh sistem Instagram. Mengingat saat ini Instagram sangat sensitif pada bot-bot yang dirasakan mengganggu Instagram. Cara penggunaannya pun mudah. Anda hanya perlu menginstal, masukkan target yang dituju dan tunggu sebentar. Maka proses menambah follower secara organik telah dilakukan.

Mau tambah follower secara organik? Klik ► https://activflash.com/

Ira

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: